PRIORITAS KEUANGAN BIAR DOMPETMU TETAP SELAMAT

SOBAT TOC – Di awal bulan seperti ini biasanya kita terutama yang bekerja di kantor baru saja menerima penghasilan bulanan. Pada saat seperti ini beberapa orang langsung memilah-milah pos-pos anggaran pengeluaran agar pendapatan yang masuk dapat mencukupi hingga akhir bulan yang akan datang. Namun ada juga orang yang berkarakter bahagia dulu sekarang, susahnya dipikir nanti. Dan pada pertengahan bulan sudah kehabisan uang untuk membeli kebutuhannya. Hal seperti ini dapat dicegah dengan menentukan pos-pos pengeluaran sederhana dan mengatur prioritas pengeluaran menjadi 4 kelompok utama. Yuk kita simak apa aja.

1. Utang atau cicilan

Utang atau cicilan adalah pioritas pertama yang harus didahulukan, mengingat hal ini akan terus membebani keuangan jika tidak segera dilaksanakan. Bahkan untuk cicilan yang berbunga seperti kartu kredit, KTA, Fintech dan lain sebagainya jika cicilan tidak segera dilunasi bunga akan terus bertambah dan semakin besar, bahkan bisa lebih besar dari bunga pokoknya sendiri. Maka dari itu prioritaskan dahulu pembayaran cicilan anda. Jika memungkinkan perbesar pembayaran agar periode utang anda semakin berkurang dan cicilan segera lunas.

2. Kewajiban Beramal

Beramal untuk beberapa agama adalah hal yang wajib hukumnya, mengingat ada sebagian rejeki orang lain di dalam rejeki kita. Jadi biasakan untuk menyisihkan dulu sebagian penghasilan anda untuk kewajiban yang satu ini, tentunya untuk memperlancar rejeki anda juga ke depannya. Besarnya disesuaikan dengan aturan agama dan kepercayaan yang anda anut atau sesuaikan dengan penghasilan anda. Jangan juga karena kewajiban ini menyebabkan anda tidak dapat melanjutkan hidup anda kembali.

3. Tabungan atau investasi

Tabungan atau investasi adalah prioritas ketiga yang harus anda dahulukan. Mengapa ? karena kita harfus berpikir jauh ke depan untuk mencapai suatu tujuan. Misal anda merencanakan membeli gadget baru seharga 5 juta rupiah, apakah itu sesuatu yang mustahil ? tentu tidak, anda tetap bisa mendapatkannya dengan perencanaan yang baik.  Misal menyisihkan tabungan sebesar 500 rb setiap bulan maka anda hanya perlu bersabar sampai 10 bulan ke depan untuk mendapatkan gadget impian anda. Berapapun yang anda sisihkan akan mendekatkan anda pada impian anda meskipun sangat sedikit. Bagaimana kalau hanya bisa menyisihkan 250rb sebulan, maka anda bisa mewujudkan impian anda sedikit lebih lama yaitu 1,5th. Tapi bukan sesuatu yang mustahil kan ? selain itu tabungan juga digunakan untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak sepeti musibah sakit, keluarga meninggal, kecelakaan dan lain sebagainya. Yang tentunya membutuhkan dana mendadak dan tidak bisa ditunda. Jadi penting sekali tabungan atau investasi syukur-syukur kalau itu bisa berkembang dan memberi tambahan pemasukan.

4. Biaya Hidup

Nah ini adalah prioritas paling terakhir yang seringkali salah kaprah diletakkan di posisi awal. Tapi kan ini penting, betul ini sangat penting namun justru paling bisa diakalin dan dikelola dengan mudah. Mengapa dikatakan mudah karena di sisi konsumerisme sebenarnya banyak pengeluaran tidak perlu yang kita paksakan setiap bulan. Seperti misalnya untuk makanan, hal yang paling penting adalah makan tepat waktu dan makan makanan bergizi, bukan makanan yang membuat lidah jadi bahagia. Apalagi makanan yang mahal harganya. Sesekali bolehlah memuaskan lidah namun buatlah budget yang pas untuk diri anda sendiri setiap bulan sehingga tidak besar pasak daripada tiang. Makanan yang kita butuhkan pun juga cukup makanan yang memberi manfaat saja, tanpa perlu tambahan camilan dan makan kecil lain yang juga dapat menguras dompet kita. Dengan adanya layanan Go-Food yang tentunya memudahkan sebagian besar penduduk kota dalam membeli sesuatu, seringkali kita tergoda untuk membeli makanan dan minuman yang tidak terlalu kita butuhkan. Hal inilah yang harus kita hindari jika tidak ingin keuangan jebol. Begitupun pengeluaran lain yang bisa diatur dalam keseharian seperti biaya transportasi, pembelian kuota, pembayaran wifi, dan lain sebagainnya. Manfaatkan pula diskon-diskon yang diberikan operator transportasi, operator telepon, dan gerai-gerai makanan yang tersebar di mall-mall. Jadi kalau mau tetap gaul dengan budget irit bisa? Bisa banget, asal disiplin dan pintar mengatur prioritas keuangan. Selamat mencoba.